Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas IV Melalui Model Index Card Match Pada Pembelajaran IPAS di SDN 01 Ulak Karang Selatan Padang

Silfha, Al Jannah and Yulfia, Nora, S.Pd., M.Pd (2024) Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas IV Melalui Model Index Card Match Pada Pembelajaran IPAS di SDN 01 Ulak Karang Selatan Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, DLL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (957kB)
[img] Text
BAB PENUTUP.pdf

Download (116kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPAS melalui model Index Card Match di SDN 01 Ulak Karang Selatan Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPAS dengan model Index Card Match. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan, dan refleksi tindakan. Subjek penelitan adalah siswa kelas IV C SDN 01 Ulak Karang Selatan Padang yang berjumlah 24 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, satu siklus terdiri dari dua pertemuan dan diakhiri dengan tes akhir siklus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan pada siklus I yaitu 68,74% meningkat pada siklus II menjadi 83,33% dengan kriteria sangat baik. Persentase aktivitas siswa dalam kerjasama pada siklus I yaitu 74,99% meningkat pada siklus II yaitu 87,48%. Sedangkan hasil belajar siswa diperoleh persentase siklus I yaitu 37,5% dengan rata-rata 68,75 meningkat pada siklus II menjadi 79,16% dengan rata-rata 81,66. Hal ini dapat dikatakan target indikator dalam penelitian berhasil tercapai. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Index Card Match dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV C SDN 01 Ulak Karang Selatan Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 05 Sep 2024 02:28
Last Modified: 05 Sep 2024 02:28
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22046

Actions (login required)

View Item View Item