Aung Surya, Raja Pardede and Gusmaweti, Gusmaweti (2024) PENERAPAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) MELALUI LITERASI SAINS BIOLOGI DALAM HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI FASE F BIOLOGI SMA NEGERI 5 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
Skripsi_Agung_S_R_Pardede_S.Pd[1] Baru.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
Cover (2).pdf Download (1MB) |
|
Text
Kesimpulan Saran dan Daftar Pustaka 1.pdf Download (103kB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk melihat penerapan model Problem Bassed Learning (PBL) melalui literasi sains dengan Konvensional siswa kelas XI Fase F Biologi SMA Negeri 5 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang mengambil 2 kelas dengan memilih rata-rata nilai akhir siswa yang hampir mendekati nilai yang sama yang kemudian terbagi atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan model PBL lebih berpengaruh terhadap hasil belajar dibandingkan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Lembar kerja siswa (LKS). Berdasarkan Hasil perhitungan dengan SPSS versi 27 menggunakan uji Mann Whitney diperoleh hasil Asymp.Sig.(2- tailed) sebesar 0,722 > 0,05. Melalui data yang diperoleh dalam hasil hipotesis yang didapatkan dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat penerapan model Problem Bassed Learning (PBL) melalui literasi sains dalam hasil belajar biologi siswa kelas XI Fase F Biologi SMA Negeri 5 Padang yang signifikan. Kata kunci : PBL, Hasil Belajar, Literasi, Model Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | PBIO FKIP |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 06:46 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 06:46 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22068 |
Actions (login required)
View Item |