UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN STRATEGI READING GUIDE DI KELAS IV SD IT NURUL IKHLAS PADANG

Jessika Yulia, Kasra and Romi, Isnanda (2024) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN STRATEGI READING GUIDE DI KELAS IV SD IT NURUL IKHLAS PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
SKRIPSI point i.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI point ii.pdf

Download (601kB)
[img] Text
SKRIPSI point iii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh (1) kurangnya keterampilan membaca intensif siswa, (2) guru dominan menggunakan metode ceramah, (3) media pembelajaran yang kurang bervariasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa kelas IV SD IT Nurul Ikhlas Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan jumlah siswa 25 orang. Terdapat siswa laki-laki 9 orang dan 8 orang siswa perempuan kelas IV SD IT Nurul Ikhlas Padang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, aktivitas kemampuan membaca. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I pada lembar aktivitas guru sebanyak 74,10% meningkat pada siklus II menjadi 85,71%. Sedangkan lembar aktivitas siswa pada siklus I sebanyak 59,35% meningkat pada siklus II sebanyak 78,56%. Hasil kemampuan membaca siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 80, sedangkan pada siklus II rata-rata meningkat menjadi 93,52. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa menggunakan strategi reading guide dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa kelas IV SD IT Nurul Ikhlas Padang. Saran penggunaan strategi reading guide pada pembelajaran Bahasa Indonesia membantu meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai bahan informasi dan bahan perbandingan bagi pelaksanaan penelitian sejenis dan relevan. Kata Kunci : keterampilan membaca intensif, strategi reading guide

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 05 Sep 2024 03:31
Last Modified: 05 Sep 2024 03:31
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22146

Actions (login required)

View Item View Item