PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MODEPICTURE AND PICTURE PADA MATERI SIKLUS MAKHLUK HIDUP DAN CARA PELESTARIANNYA UNTUK SISWA KELAS IVA DI SDN 13 SURAU GADANG PADANG

Elfinora, Elfinora and Erman, Har and Wirnita, Wirnita (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MODEPICTURE AND PICTURE PADA MATERI SIKLUS MAKHLUK HIDUP DAN CARA PELESTARIANNYA UNTUK SISWA KELAS IVA DI SDN 13 SURAU GADANG PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
41. Elfinora 161001341057 COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
41. Elfinora 161001341057 abstrak.pdf

Download (182kB)
[img] Text
41. Elfinora 161001341057 BAB I.pdf

Download (336kB)
[img] Text
41. Elfinora 161001341057 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
41. Elfinora 161001341057 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
41. Elfinora 161001341057 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
41. Elfinora 161001341057 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
41. Elfinora 161001341057 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (395kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV SD pada materi siklus makhluk hidup dan cara pelestariannya dengan kriteria yang valid. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research & Development dengan menggunakan model pengembangan 4-D yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan) dan Disseminate (penyebaran), Namun karena keterbatasan waktu, kemampuan dan biaya serta adanya Pandemi Covid-19 yang menjadi keterbatasan penelitian penulis saat ini, maka dalam penelitian hanya sampai tiga tahap yaitu Define, Design dan Develop. Hasil penelitian modul pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV SD ini dilakukan dalam 3 tahap validasi yaitu oleh dosen ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain, dari aspek materi diperoleh hasil validasi 97,7% dengan kriteria sangat valid, dari aspek bahasa diperoleh hasil validasi 91,6% dan dari aspek desain diperoleh hasil validasi 86,3%. Dengan demikian, modul pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV SD. Kata kunci: ilmu pengetahuan alam, modul, validasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 17 Dec 2020 06:42
Last Modified: 17 Dec 2020 06:42
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2215

Actions (login required)

View Item View Item