PERANCANGAN ULANG DESAIN KEMASAN PRODUK LADU SALA PADA UMKM LADU SALA UPIK DI KOTA PARIAMAN DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

Imam, Aulia and Kholidasari, Inna (2024) PERANCANGAN ULANG DESAIN KEMASAN PRODUK LADU SALA PADA UMKM LADU SALA UPIK DI KOTA PARIAMAN DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
SKRIPSI AULIA IMAM 1910017311024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI AULIA IMAM 1910017311024-1-21.pdf

Download (945kB)
[img] Text
SKRIPSI AULIA IMAM 1910017311024-106-110.pdf

Download (214kB)

Abstract

Ladu Sala Upik merupakan makanan ringan yang diproduksi di Kota Pariaman. Salah satu UMKM yang memproduksi Ladu Sala adalah UMKM “Upik”. Produk Ladu Sala tersebut menggunakan kemasan plastik biasa dan kemasan luarnya menggunakan plastik dengan desain sederhana yang membuat tampilan Ladu Sala Upik menjadi kurang menarik dan kerenyahan Ladu Sala tidak terjaga dengan baik. Jika dibiarkan akan membuat daya beli pelanggan berkurang bila dibandingkan dengan produk Ladu Sala yang lain dengan kemasan yang menarik. Penelitian dilakukan dengan mengembangkan desain kemasan untuk meningkatkan daya saing. Pada penelitian ini keinginan dan kepuasan konsumen menajdi hal penting dalam mendesain kemasan. Digunakan metode Quality Function Deployment (QFD) untuk mengetahui keinginan konsumen dan mendesain kemasan mulai dari tahapan perencanaan desain, perencanaan spesifikasi komponen, perencanaan proses, perencanaan produksi. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan penyebaran kuesioner. Dari hasil pengolahan data yang dilakukan diperoleh desain kemasan Ladu Sala Upik yang baru serta tahapan yang dilalui dalam mendesain kemasan Ladu Sala Upik. Dari proses tersebut diperoleh desain yang diinginkan konsumen dengan memperhatikan kriteria yaitu pengunaan kemasan food grade dengan bahan polypropolyene bentuk kemasan standing pouch jenis aluminium foil dilengkapi dengan ziplock, menampilkan gambaran objek budaya Tabuik, menampilkan informasi produk seperti informasi gizi, izin, informasi produsen, komposisi bahan baku, tanggal kadaluarsa, logo halal, menambahkan logo dan merek produk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Teknik Industri FTI
Date Deposited: 05 Sep 2024 06:58
Last Modified: 05 Sep 2024 06:58
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22245

Actions (login required)

View Item View Item