MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS V MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE DI SDN 32 BUNGO PASANG KOTA PADANG

olivia afrinita, olivia afrinita and Darwianis, Darwianis (2024) MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS V MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE DI SDN 32 BUNGO PASANG KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER REPO OLIV.pdf

Download (962kB)
[img] Text
BAB V REPO Olivia.pdf

Download (199kB)
[img] Text
FULL TEKS OLIVIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas V menggunakan model Think Pair Share di SDN 32 Bungo Pasang, Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahapan penelitian berupa perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan dalam II siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan di akhir siklus I dan II dilakukan tes hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 18 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar penilaian afektif kemampuan kerja sama siswa dan lembar tes hasil belajar. Berdasarkan tes hasil belajar ranah kognitif siswa aspek pemahaman (C2) memperoleh persentase pada siklus I adalah 50% dan meningkat pada siklus II menjadi 77.77% , selain itu dari ranah afektif kerja sama (A2) siswa pada siklus I memperoleh persentase 61,11% dan meningkat pada siklus II menjadi 89,99%. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan menggunakan Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar kognitif pemahaman (C2) dan dapat menigkatkan hasil afektif (A2) kemampuan kerja sama siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 06 Sep 2024 02:36
Last Modified: 06 Sep 2024 02:36
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22356

Actions (login required)

View Item View Item