PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAHAMAN SISWA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN MODEL WORD SQUARE DI SDN 19 BATANG GASAN KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Melinda, Khairani and Syofiani, Syofiani (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAHAMAN SISWA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN MODEL WORD SQUARE DI SDN 19 BATANG GASAN KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI.pdf

Download (611kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (326kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat membaca siswa sehingga berdampak pada keterampilan membaca siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV dengan menggunakan model Word Square SDN 19 Batang Gasan Kabupaten Padang Pariaman pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah keterampilan membaca teori yang dikemukakan oleh Tarigan (2015), model word square teori yang dikemukakan oleh Istarani (2012). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Prosedur dalam penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi tindakan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN 19 Batang Gasan Kabupaten Padang Pariaman dengan jumlah 17 orang siswa. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa dalam observasi aktivitas guru pada siklus I dengan persentase 63,3% dan siklus II 83,3% meningkat dengan persentase 20%. Dari hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I dengan persentase 55,5% dan pada siklus II dengan persentase 85% meningkat 29,5%. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebanyak 69 dengan persentase 41% dan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II sebanyak 81 dengan persentase 88% meningkat 47%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model word square dapat meningkatkan aktivitas keterampilan membaca pemahaman dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN 19 Batang Gasan Kabupaten Padang Pariaman. Kata kunci : membaca pemahaman, model word square, siswa kelas IV

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 06 Sep 2024 03:00
Last Modified: 06 Sep 2024 03:00
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22373

Actions (login required)

View Item View Item