PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 10 SUNGAI LIMAU KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Surya, Mega and Fikri, Hasnul (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 10 SUNGAI LIMAU KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER,HALAMAN PENGESAHAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (841kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN dan DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas IV SDN 10 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman yang disebabkan pada saat proses pembelajaran guru kurang memotivasi siswa sehingga siswa kurang tertarik untuk menulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menulis teks deskripsi dan peningkatan keterampilan menulis teks deskripsi menggunakan model Project Based Learning (PjBL) pada siswa kelas IV SD Negeri 10 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Teori yang digunakan dalam model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dikemukakan oleh Yani (2021). Jenis penilitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 10 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman yang berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar tes hasil belajar. Hasil pelnellitian dan pelmbahasan dapat menunjukkan proses pembelajaran menulis teks deskripsi siswa, yaitu (1) mengeluarkan pendapat dari 66,65% pada siklus I meningkat menjadi 82,5% pada siklus II, (2) menjawab pertanyaan yang diajukan guru maupun teman dari 69,95% pada siklus I meningkat menjadi 84,95% pada siklus II, (3) partisipasi dalam kegiatan kelompok dari 70,8% pada siklus I meningkat menjadi 87,5% pada siklus II, dan (4) mengerjakan tugas dari 75% pada siklus I meningkat menjadi 87,5% pada siklus II. Nilai hasil belajar keterampilan menulis teks deskripsi siswa pada siklus I, yaitu 68,25 dengan persentase ketuntasan belajar 40% meningkat menjadi 81,5 dengan persentase ketuntasan belajar 80% pada siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model PjBL dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas IV SDN 10 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Sep 2024 01:33
Last Modified: 09 Sep 2024 01:33
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22398

Actions (login required)

View Item View Item