PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK DI SMA KARTIKA 1-5 PADANG

Afnidar Dakhi, Afnidar and Ade Fitri Rahmadani, S.Pd., M.Pd.T, Ade (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK DI SMA KARTIKA 1-5 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB PENUTUP..pdf

Download (142kB)
[img] Text
PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER DAN LAIN-LAIN.pdf

Download (630kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang melibatkan dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat, variabel bebas yaitu model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan variabel terikat problem solving dan hasil belajar siswa di SMA Kartika 1-5 Padang. Populasi dalam penelitian sebanyak 7 kelas dengan jumlah siswa 240 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sumpling, sampel pada penelitian ini berjumlah 18 siswa yang terdiri dari 9 siswa untuk kelas eksperimen dan 9 siswa untuk kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah hasil belajar siswa yang terdiri dari 20 item tes. Hasil analisis data menunjukan bahwa skor rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 88,33 dan rata-rata hasil belajar siswa kelas control adalah 53,66 hasil uji hipotesis menggunakan uji t, diamana hasil perhitungan diperoleh thitung > ttabel yaitu 0,19 > 0,05. Dari hasil analisis tersebut diperoleh temuan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar TIK antara siswa yang diajar melalui model pembelajaran Problem based learning dengan siswa yang di ajar melalui model konvesional demikian pula hasil belajar siswa yang diajar melalui model pembelajaran Problem based learning lebih tinggi dibandingkan dari dengan siswa yang di ajar melalui model konvesional .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: PTIK FKIP
Date Deposited: 06 Sep 2024 02:15
Last Modified: 06 Sep 2024 02:15
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22441

Actions (login required)

View Item View Item