PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM KHAIRA UMMAH KOTA PADANG

Wulan, Ramadhani and Marsis, Marsis (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM KHAIRA UMMAH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)
[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN PERSETUJAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (738kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI WULAN RAMADHANI 20-281.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SD Islam Khaira Ummah Kota Padang yang disebabkan pada saat proses pembelajaran guru kurang bervariasi menerapkan metode atau media dalam pembelajaran menulis sehingga siswa kurang tertarik dalam menulis. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis siswa dalam menulis karangan narasi dengan menggunakan model Picture and Picture. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori menulis yang dikemukakan oleh Yunus (2012) dan model Picture and Picture dikemukakan oleh Shoimin (2016). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dua siklus, masing masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Islam Khaira Ummah yang berjumlah 28 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar aktivitas siswa dan lembar penilaian keterampilan menulis siswa. Untuk penilaian lembar observasi guru pada siklus I yaitu 72% dan untuk siklus II mengalami peningkatan yaitu 88,9%. Lembar observasi siswa pada siklus I yaitu 74% dan untuk siklus II mengalami peningkatan yaitu 98.7%. Ketuntasan hasil belajar keterampilan menulis siswa pada siklus I persentasenya 53,57% dengan rata-rata hasil belajar 74,21, meningkat menjadi 78,5% pada siklus II dengan rata-rata hasil belajar 82,82. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia dalam membuat karangan narasi dengan menggunakan model Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SD Islam Khaira Ummah Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 06 Sep 2024 08:27
Last Modified: 06 Sep 2024 08:27
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22501

Actions (login required)

View Item View Item