PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTU VIDEO INSPIRATIF DI KELAS IV SDN 32 BUNGO PASANG KOTA PADANG

BEBY, INDRI SYAFITRI and Heri, Effendi (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTU VIDEO INSPIRATIF DI KELAS IV SDN 32 BUNGO PASANG KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
cover beby.pdf

Download (925kB)
[img] Text
BAB V beby.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BISMILLAH SKRIPSI LENGKAP BEBY INDRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS dengan menggunakan Model Contextual Teaching and Learning berbantu video inspiratif di kelas 4 SDN 32 Bungo Pasang Kota Padang. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Penelitian dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 di SDN 32 Bungo Pasang. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi guru dan tes hasil belajar. Berdasarkan pengamatan aktivitas guru pada siklus I diperoleh persentase 52,1% dan 60,8%, sedangkan pada siklus II diperolah persentase 69,5% dan 78,2%. Tes hasil belajar pada siklus I diperoleh persentase nilai rata-rata kelas 63,21% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase nilai rata-rata kelas 80,71%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa bahwa pembelajaran menggunakan Model Contextual Teaching and Learning bebantu video inspiratif dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas 4 SDN 32 Bungo Pasang Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Sep 2024 02:07
Last Modified: 09 Sep 2024 02:07
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22568

Actions (login required)

View Item View Item