Pengaruh Penerapan Metode Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Informatika Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMK Muhammadiyah 1 Padang

NURAINI, NURAINI and Rini, Widyastuti (2024) Pengaruh Penerapan Metode Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Informatika Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, ABSTAK, BAB 1 PENDAHULUAN AINI.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN AINI.pdf

Download (27kB)
[img] Text
AINI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini yaitu pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional terhadap hasil belajar siswa di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Dimana siswa lebih banyak bermain saat guru menjelaskan materi pembelajaran. Hal ini mengakibatkan siswa kurang aktif sehingga suasana kelas dan belajar menjadi membosankan dan membuat siswa terlihat tidak merespon apa yang diterangkan oleh guru di kelas. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar informatika menggunakan metode demonstrasi lebih baik dari pada hasil belajar informatika yang menggunakan metode konvensional pada siswa kelas X. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Padang dengan menrapkan metode demonstrasi pada mata pelajaran informatika terhadap hasil belajar siswa di SMK Muhammadiyah 1 Padang lebih baik dari pembelajaran konvensional sebelumnya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah metode eksperimen. Populasi penelitian adalah semua peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah 1 Padang yang terdiri dari tiga kelas sebanyak 43 orang, pengambilan sampel secara randong sampling, setelah memenuhi tiga syarat mulai dari populasi berdistribusi normal, bervariansi homogen dan mempunyai kesamaan rata- rata terpenuhi maka peneliti memilih kelas X TBSM 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X OTO 3 sebagai kelas k ontrol. Pengujian Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh thitung= 2,775 dan ttabel= 2,060 dengan taraf kepercayaan 95% atau taraf signifikan α = 0,05, sehingga thitung > ttabel atau 2,775 > 2,060. karena thitung besar dari ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik dengan menggunakan pengaruh penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran informatika lebih baik dari pada menggunakan metode konvensional pada pembelajaran informatika. Kata kunci : Penerapan, metode demonstrasi, hasil belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PTIK FKIP
Date Deposited: 09 Sep 2024 01:18
Last Modified: 09 Sep 2024 01:18
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22582

Actions (login required)

View Item View Item