Kamisarni, Kamisarni and Ade Fitri Rahmadani, S.Pd., M.Pd.T, Ade (2024) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SMA KARTIKA 1-5 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
COVER,PERSETUJUAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI,BAB PENDAHULUAN.pdf Download (799kB) |
|
Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (418kB) |
|
Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Dalam proses pembelajaran di sekolah, masih banyak siswa yang belum mencapai nilai di atas KKM yang ditetepkan oleh sekolah. Seorang guru harus memiliki kemampuan pedagogik guru yang diperlukan untuk mencapai hasil belajar siswa yang memuaskan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA Kartika 1-5 Padang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi penelitian adalah 207 siswa kelas XI jurusan IPA, yang terdiri dari 67 sampel yang yang ditentukan dengan menggunakan teknik randoom sampling. Instrumen kuesioner dianalisis dengan menggunakan program SPSS (statistic product and service solution) versi 23.0 mengunakan rumus regresi linear sederhana. Hasil penelitian menyebutkan bahwa kompetensi pedagogik guru memberi pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA Kartika 1-5 Padang. Berdasarkan hasil uji parsial (uji-t) diketahui bahwa nilai thitung (10.301) > ttabel (1.668) dan nilai Sig. 0.000 < 0.05 dengan kriteria pengujian thitung > ttabel dan jika Sig. < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komputer di SMA Kartika 1-5 Padang. Adapun besaran pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa dengan uji determinasi, didapat nilai determinasi (R Square) sebesar 0.620 (62%) yang berarti bahwa pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa termasuk kategori kuat. Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer |
Depositing User: | PTIK FKIP |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 02:02 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 02:02 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22654 |
Actions (login required)
View Item |