Wanda, Diahya Syafriko and M., Tamrin (2024) Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran PPKn Dengan Menggunakan Model Think Pair Share Di SDN 30 Kayu PAsak Agam. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
Skripsi GW Full wds.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
|
Text
PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN PPKn DENGAN MENGGUNAKAN.pdf Download (868kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (95kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa di kelas V SDN 30 Kayu Pasak Agam. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa kelas V pada pembelajaran PPKn melalui model Think pair Share. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahapan PTK yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 30 Kayu Pasak Agam berjumlah 17 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas diskusi pada siklus I diperoleh rata-rata persentase 52,93%, meningkatnya pada siklus II dengan rata-rata persentase sebesar 82,35%. Aktivitas tanggung jawab pada siklus I diperoleh rata-rata persentase 52,93%, meningkatnya pada siklus II dengan rata-rata persentase 76,46%. Aktivitas kerjasama pada siklus 1 diperoleh rata-rata persentase 44,11%, meningkatnya pada siklus II dengan rata-rata persentase 82,34%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran think pair share dapat divariasikan dalam penggunaannya pada proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar PPKn siswa menjadi lebih baik. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Model (Think Pair Share), Pembelajaran PPKn
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 06:48 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 06:48 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22709 |
Actions (login required)
View Item |