Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran PPKn Dengan Menggunakan Model Think Pair Share Di SDN 30 Kayu PAsak Agam

Wanda, Diahya Syafriko and M., Tamrin (2024) Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran PPKn Dengan Menggunakan Model Think Pair Share Di SDN 30 Kayu PAsak Agam. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Skripsi GW Full wds.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN PPKn DENGAN MENGGUNAKAN.pdf

Download (868kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (95kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa di kelas V SDN 30 Kayu Pasak Agam. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa kelas V pada pembelajaran PPKn melalui model Think pair Share. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahapan PTK yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 30 Kayu Pasak Agam berjumlah 17 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas diskusi pada siklus I diperoleh rata-rata persentase 52,93%, meningkatnya pada siklus II dengan rata-rata persentase sebesar 82,35%. Aktivitas tanggung jawab pada siklus I diperoleh rata-rata persentase 52,93%, meningkatnya pada siklus II dengan rata-rata persentase 76,46%. Aktivitas kerjasama pada siklus 1 diperoleh rata-rata persentase 44,11%, meningkatnya pada siklus II dengan rata-rata persentase 82,34%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran think pair share dapat divariasikan dalam penggunaannya pada proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar PPKn siswa menjadi lebih baik. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Model (Think Pair Share), Pembelajaran PPKn

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Sep 2024 06:48
Last Modified: 09 Sep 2024 06:48
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22709

Actions (login required)

View Item View Item