PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS PENDEKATAN SCIENTIFIC KELAS IV SD

Nilova, Nilova and M., Tamrin and Ade, Sri Madona (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS PENDEKATAN SCIENTIFIC KELAS IV SD. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
51. NILOVA 1610013411096 COVER.pdf

Download (58kB)
[img] Text
51. NILOVA 1610013411096 ABSTRAK.pdf

Download (118kB)
[img] Text
51. NILOVA 1610013411096 BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
51. NILOVA 1610013411096 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
51. NILOVA 1610013411096 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
51. NILOVA 1610013411096 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)
[img] Text
51. NILOVA 1610013411096 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (987kB)
[img] Text
51. NILOVA 1610013411096 DAFATAR PUSTAKA.pdf

Download (36kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan mengembangkan modul pembelajaran IPS berbasis pendekatan scientific untuk kelas IV SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4D yang dimodifikasi menjadi 3D yaitu tahap define, design, and development. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Validator angket terdiri dari 1 orang dosen validator materi, 1 orang dosen validator desain dan 1 orang dosen validator bahasa. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul pembelajaran IPS berbasis pendekatan scientific diperoleh hasil yaitu 89,75 dengan kategori valid. Sedangkan uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 18 orang siswa, dari hasil praktikalitas oleh guru memperoleh presentase hasil 92,5% dengan kategori sangat praktis dan dari hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh presentase hasil 93,75% dengan kategori sangat praktis. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPS berbasis pendekatan scientific yang dihasilkan valid dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran IPS sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran IPS dikelas IV SD. Kata kunci : Pengembangan Modul, Scientific, IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 23 Dec 2020 07:15
Last Modified: 23 Dec 2020 07:15
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2275

Actions (login required)

View Item View Item