Dimas, Febriansah and Rio, Rinaldi (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL SCRAMBLE DI SDN 03 ALAI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
(i) Dimas Febriansah.pdf Download (1MB) |
|
Text
(ii) Dimas Febriansah.pdf Download (451kB) |
|
Text
(iii) Dimas Febriansah.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IVA di SDN 03 Alai serta metode pembelajaran yang digunakan guru terlalu monoton (ceramah). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IVA pada Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Scramble di SDN Alai. Teori yang digunakan dalam model scramble dikemukakan oleh Komalsari. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, satu siklus terdiri dari dua pertemuan dan diakhiri dengan tes akhir siklus. Subjek penelitan ini adalah siswa kelas IVA yang berjumlah 28orang. Instrumen penilaian yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan lembar observasi guru dan siswa serta lembar tes akhir siklus. Persentase lembar observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 69% dan pada siklus II sebesar 81,5%, jadi persentase lembar observasi aktivitas guru mengalamai kenaikkan sebesar 12,5%. Persentase lembar observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 71,5% dan pada siklus II sebesar 80%, jadi persentase lembar observasi aktivitas siswa mengalami kenaikkan sebesar 8,5%. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh yaitu sebesar 60,7 atau sebanyak 17orang siswa yang tuntas dari 28 orang siswa dengan rata-rata 79. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II diperoleh yaitu sebesar 85,7 atau sebanyak 24 orang siswa yang tuntas dari 28 siswa dengan rata-rata 86,4, hal ini menunjukkan ada peningkatan ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 25% dan dapat juga dilihat dari peningkatan rata-rata nilai siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 7,4. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran Scramble dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IVA di SDN 03 Alai. Kata kunci : membaca pemahaman, SCRAMBLE, Bahasa Indonesia
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 01:40 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 01:40 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22751 |
Actions (login required)
View Item |