PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PERMAINAN ULAR TANGGA PADA SISWA KELAS IV SDN 05 SURAU GADANG

hanna, natasya and Heri, Effendi (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PERMAINAN ULAR TANGGA PADA SISWA KELAS IV SDN 05 SURAU GADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER_HANNA NATASYA_1910013411212 (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_HANNA NATASYA_1910013411212 (1).pdf

Download (304kB)
[img] Text
FULL TEXT_SKRIPSI_HANNA NATASYA_1910013411212 (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Email: Hannanatasya15@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 05 Surau Gadang Padang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan belajar siswa menggunakan media permainan ular tangga melalui model pembelajaran Problem Based Learning(PBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana tiap siklus terdapat beberapa tahap yaitu perencanaan yaitu, pada perencanaan peneliti mempersiapkan modul ajar dan merancang pembelajaran, tahap kedua pelaksanaan yaitu pelaksanaan ini dimulai dengan pembelajaran IPAS menggunakan model pembelajaran PBL berbantuan permainan ular tangga yang sesuai dengan rencana, tahap ketiga pengamatan yaitu dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh informasi atau data mengenai pembelajaran dimana pada pengamatan terdapat dua observer, tahap ke empat refleksi yaitu pada tahap ini peneliti melakukan refleksi dari hasil pengamatan apakah perlu tindakan lanjutan atau tidak. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 05 Surau Gadang yang berjumlah 27 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian afektif siswa , lembar aktivitas siswa, dan lembar observasi guru. Ketuntasan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I hasil belajar kognitif diperoleh 41% menjadi 85% pada siklus II. Kemampuan bekerja sama meningkat dari 56% pada siklus I menjadi 89% pada siklus II. Kegiatan aktivitas guru meningkat dari 58,50% pada siklus I menjadi 90,73% pada siklus II. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPAS siswa kelas IV pada ranah kognitif dan afektif melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbatu Media Permaianan Ular Tangga di SDN 05 Surau Gadang. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar guru dapat menjadikan model Problem Based Learning berbantu Media Permainan Ular Tangga sebagai salah satu alternative dalam pembelajaran IPAS. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Problem Based Learning (PBL), IPAS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Sep 2024 07:29
Last Modified: 10 Sep 2024 07:29
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22826

Actions (login required)

View Item View Item