Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Model Problem Based Learning Menggunakan Kartu Huruf Bergambar pada Siswa Kelas I SDN 54 Anak Air

Saskia, Yunadi and Hidayati, Azkiya (2024) Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Model Problem Based Learning Menggunakan Kartu Huruf Bergambar pada Siswa Kelas I SDN 54 Anak Air. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (777kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca siswa kelas 1. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatakan kemampuan membaca permulaan siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak 2 siklus, dalam satu siklus terdapat 2 kali pertemuan dan dilakukan tes di setiap akhir siklus. Terdapat 4 tahap dalam penelitian ini, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1B SDN 54 Anak Air. Instrument penelitian yang digunakan yaitu, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan lembar tes kemampuan membaca siswa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori membaca menurut Dalman (2017:11) dan teori model Problem Based Learning menurut Putri (2023:44). Hasil penelitian pada siklus I presentase aktivitas guru sebanyak 79% (cukup) meningkat pada siklus II menjadi 91% (sangat baik). Presentase aktivitas siswa pada siklus I sebanyak 70,83% (cukup) meningkat pada siklus II menjadi 83% (baik). Presentase ketuntasan kemampuan membaca siswa pada siklus I sebanyak 40% dengan nilai rata-rata 70,6 meningkat menjadi 84% dengan nilai rata-rata 87,08 pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1B dengan model Problem Based Learning menggunakan kartu huruf bergambar pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 54 Anak Air Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 11 Sep 2024 07:36
Last Modified: 11 Sep 2024 07:36
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22893

Actions (login required)

View Item View Item