PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PPKn BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK SISWA KELAS V SD

Annisa, Dini Aprilia and Pebriyenni, Pebriyenni and Ade, Sri Madona (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PPKn BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK SISWA KELAS V SD. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
75. ANNISA 1610013411145 COVER.pdf

Download (159kB)
[img] Text
75. ANNISA 1610013411145 ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
75. ANNISA 1610013411145 BAB I.pdf

Download (298kB)
[img] Text
75. ANNISA 1610013411145 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text
75. ANNISA 1610013411145 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
75. ANNISA 1610013411145 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (947kB)
[img] Text
75. ANNISA 1610013411145 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
75. ANNISA 1610013411145 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (273kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran PPKn berbasis pendekatan konstruktivisme untuk kelas V SD yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Model penelitian yang digunakan yaitu model 4D yang dimodifikasi menjadi 3D dengan tahapannya yaitu: Define, Design dan Develop. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli bahasa, dan 1 orang ahli desain. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran PPKn berbasis pendekatan konstruktivisme untuk siswa kelas V SD yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase penilaian sebesar 93%. Pada proses praktikalitas, modul pembelajaran PPKn berbasis pendekatan konstruktivisme diujicobakan oleh 1 orang guru dan 6 orang siswa. Hasil praktikalitas oleh guru memperoleh nilai 96,5% dengan kategori sangat praktis, dan dari hasil praktikalitas oleh siswa memperoleh nilai 94% dengan kategori sangat praktis. Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran PPKn berbasis pendekatan konstruktivisme untuk kelas V SD sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas V SD. Kata Kunci : Pengembangan Modul PPKn, Pendekatan Konstruktivisme.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 04 Jan 2021 07:45
Last Modified: 04 Jan 2021 07:45
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2371

Actions (login required)

View Item View Item