Annisa, Dini Aprilia and Pebriyenni, Pebriyenni and Ade, Sri Madona (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PPKn BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK SISWA KELAS V SD. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
|
Text
75. ANNISA 1610013411145 COVER.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
75. ANNISA 1610013411145 ABSTRAK.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
75. ANNISA 1610013411145 BAB I.pdf Download (298kB) | Preview |
|
Text
75. ANNISA 1610013411145 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) |
||
Text
75. ANNISA 1610013411145 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
||
Text
75. ANNISA 1610013411145 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (947kB) |
||
Text
75. ANNISA 1610013411145 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
75. ANNISA 1610013411145 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (273kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran PPKn berbasis pendekatan konstruktivisme untuk kelas V SD yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Model penelitian yang digunakan yaitu model 4D yang dimodifikasi menjadi 3D dengan tahapannya yaitu: Define, Design dan Develop. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli bahasa, dan 1 orang ahli desain. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran PPKn berbasis pendekatan konstruktivisme untuk siswa kelas V SD yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase penilaian sebesar 93%. Pada proses praktikalitas, modul pembelajaran PPKn berbasis pendekatan konstruktivisme diujicobakan oleh 1 orang guru dan 6 orang siswa. Hasil praktikalitas oleh guru memperoleh nilai 96,5% dengan kategori sangat praktis, dan dari hasil praktikalitas oleh siswa memperoleh nilai 94% dengan kategori sangat praktis. Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran PPKn berbasis pendekatan konstruktivisme untuk kelas V SD sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas V SD. Kata Kunci : Pengembangan Modul PPKn, Pendekatan Konstruktivisme.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 04 Jan 2021 07:45 |
Last Modified: | 04 Jan 2021 07:45 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2371 |
Actions (login required)
View Item |