Yuliani, Putri and Hendra, Hidayat and Siska, Angreni (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN RPP TEMATIK TEMA 8 KELAS IV DENGAN PENDEKATAN CRITICAL, CREATIVE, COMMUNICATION, COLLABORATION DI SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
|
Text
84. YULIANI 1610013411037 Cover.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
84. YULIANI 1610013411037 ABSTRAK.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
84. YULIANI 1610013411037 BAB I.pdf Download (177kB) | Preview |
|
Text
84. YULIANI 1610013411037 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
||
Text
84. YULIANI 1610013411037 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
||
Text
84. YULIANI 1610013411037 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) |
||
Text
84. YULIANI 1610013411037 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (545kB) |
||
|
Text
84. YULIANI 1610013411037 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (163kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran RPP dengan menggunakan pendekatan 4C (Critical, Creative, Communication, Collaboration) pada tema 8 (Tempat Tinggalku) kelas IV di SD Negeri 14 Tanjung Gadang, Sijunjung yang memenuhi kriteria valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model penelitian yang digunakan adalah ADDIE yaitu analysis, design, development dan implement. Pada penelitian ini hanya sampai tahap developmentt dikarenakan adanya kendala dalam pelaksanaan penelitian disekolah dengan pembelajaran sistem daring sehingga tidak memungkinkan untuk dilakukannya tahap implementasi pada penelitian ini. Penelitian ini dilakukan hanya sampai validasi ke ahli materi dan kurikulum. Intrumen penelitian meliputi lembar validitas, 4C divalidasi oleh satu orang dosen ahli materi, satu orang dosen ahli kurikulum dan satu orang guru sebagai validator RPP. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan perangkat pembelajaran RPP dengan menggunakan pendekatan 4C untuk siswa kelas IV SD menggunakan formula Aiken V memenuhi kriteria valid dengan nilai 0.92 dari aspek materi, 0.85 dari aspek Kurikulum, 0.91 dari aspek guru kelas. Jadi dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran RPP dengan menggunakan pendekatan 4C memuhi criteria sangat valid untuk digunakan sebagai perangkat pembelajaran di sekolah dasar. Kata kunci : penelitian pengembangan, RPP, Pendekatan 4C
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 06 Jan 2021 02:11 |
Last Modified: | 06 Jan 2021 02:11 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2419 |
Actions (login required)
View Item |