PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SCRAMBLE UNTUKPESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Lira, Gramelia and Erman, Har and M., Tamrin (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SCRAMBLE UNTUKPESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
88. Lira 1610013411095 COVER.pdf

Download (94kB)
[img] Text
88. Lira 1610013411095 ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
88. Lira 1610013411095 BAB I.pdf

Download (267kB)
[img] Text
88. Lira 1610013411095 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] Text
88. Lira 1610013411095 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] Text
88. Lira 1610013411095 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
88. Lira 1610013411095 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)
[img] Text
88. Lira 1610013411095 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (84kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA pada materi gaya dan gerak berbasis scrambleuntuk kelas IV SDN 18 Lubuk Alung yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (penelitian pengembangan). Modul pembelajaran IPA ini dikembangkan dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate), yang dibatasi sampai tahap 3D ( Define, Design, dan Develop). Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020.Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba modul yang dikembangkan.Modul yang telah dibuat divalidasi oleh tiga dosen ahli kemudian diujicobakan untuk mengetahui praktikalitas modul yang dikembangkan. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa modul ini berada pada kategori sangat valid oleh tiga dosen ahli, yaitu dengan nilai validitas 0,79 oleh dosen ahli desain, nilai validitas 0,97 oleh dosen ahli bahasa, dan nilai validitas 0,87 oleh dosen ahli materi, sehingga rata-rata keseluruhan nilai validitas dari tiga orang dosen ahli yaitu 0,88 pada kategori sangat valid. Modul yang telah dikembangkan dikategorikan sangat praktis oleh pendidik dengan rata-rata persentase kepraktisan 0,98 % oleh pendidik dan juga dikategorikan sangat praktis. Hal ini menujukkan bahwa modul pembelajaran IPA pada materi gaya dan gerak berbasis scrambleyang dihasilkan sudah sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar. Dengan adanya modul ini diharapkan peserta didik dapat berfikir kritis dalam memecahkan masalah dan memperoleh pengetahuan. Kata Kunci : Modul IPA, Scramble, Valid, Praktis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 06 Jan 2021 02:35
Last Modified: 06 Jan 2021 02:35
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2428

Actions (login required)

View Item View Item