PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA SUB TEMA MENYAYANGI TUMBUHAN UNTUK SISWA KELAS III SD NEGERI 218 LIMBUR BARU KABUPATEN BUNGO

Hendra, Antony and Wince, Hendri and Zulfa, Amrina (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA SUB TEMA MENYAYANGI TUMBUHAN UNTUK SISWA KELAS III SD NEGERI 218 LIMBUR BARU KABUPATEN BUNGO. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
99. HENDRA 1510013411005 COVER.pdf

Download (18kB)
[img] Text
99. HENDRA 1510013411005 ABSTRAK.pdf

Download (151kB)
[img] Text
99. HENDRA 1510013411005 BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Text
99. HENDRA 1510013411005 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] Text
99. HENDRA 1510013411005 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
99. HENDRA 1510013411005 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
99. HENDRA 1510013411005 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
99. HENDRA 1510013411005 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis kontruktivisme pada tema 2 subtema 3 Menyayangi tumbuhan di kelas III SD memenuhi kriteria valid, praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research & Development yaitu penelitian yang mengembangkan atau membuat suatu produk yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Penelitian ini dilakukan di SDN 218 Limbur Baru pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi oleh tiga orang pakar kemudian diuji cobakan di kelas III 218 Limbur Baru untuk mengetahui praktikalitas. Validasi dari ahli materi 83% dikategorikan valid, validasi dari ahli penyajian 95% dikategorikan sangat valid, dan validasi dari ahli bahasa 80%. Rata-rata validitas dari ketiga validator diperoleh hasil 86% dikategorikan valid. Praktikalitas siswa diuji-cobakan kepada siswa mendapatkan persentase sebesar 95% dengan kategori sangat praktis, dan praktikalitas guru mendapatkan persentase sebesar 93% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, modul pembelajaran yang dikembangkan telah valid, dan praktis sehingga dapat dijadikan bahan ajar modul berbasis kontruktivisme pada sub tema menyayangi tumbuhan media untuk kelas III SD. Kata kunci: Menyayangi tumbuhan, modul, konstruktivisme, validitas dan praktikalitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 07 Jan 2021 02:25
Last Modified: 07 Jan 2021 02:25
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2448

Actions (login required)

View Item View Item