KONTRIBUSI MOTIVASI BELAJAR TEHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA DI SDN 6 PULUT-PULUT KECAMATAN IV NAGARI BAYANG UTARA KABUPATEN PESISIR SELATAN

Muhammad, Arif and Hendra, Hidayat and Daswarman, Daswarman (2021) KONTRIBUSI MOTIVASI BELAJAR TEHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA DI SDN 6 PULUT-PULUT KECAMATAN IV NAGARI BAYANG UTARA KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
114. ARIF1310013411196 cover.pdf

Download (107kB)
[img] Text
114. ARIF1310013411196 abstrak.pdf

Download (102kB)
[img] Text
114. ARIF1310013411196 bab i.pdf

Download (246kB)
[img] Text
114. ARIF1310013411196 bab ii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
114. ARIF1310013411196 bab iii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text
114. ARIF1310013411196 bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
114. ARIF1310013411196 bab v.pdf

Download (805kB)
[img] Text
114. ARIF1310013411196 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena nilai hasil belajar IPA siswa kelas IV-VI masih dibawah KKM yaitu 70 dan motivasi belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar kontribusi motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa SD Negeri 6 Pulut-Pulut Kecamatan IV Nagari Bayang Utara Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV-VI SDN 6 Pulut-Pulut Tahun Pelajaran 2020/2021 sebanyak 38 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan rumus slovin, sehingga sampel 38 siswa. Data penelitian diperoleh melalui angket yang dianalisis menggunakan teknik korelasi Product Moment Model Pearson dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 20.00. Hasil penelitian menunjukkan terdapat kontribusi yang signifikan (kuat) antara motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV-VI dengan nilai pearson correlation sebesar 0,589. Hasil uji t diperoleh t  = 0,05= 2.02439. Koefisien determinasi sebesar 34,69% yang artinya besarnya kontribusi motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV-VI SDN 6 Pulut-Pulut Kecamatan IV Nagari Bayang Utara Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebesar 34,69%. Berdasarkan temuan penelitian, disarankan kepada siswa agar meningkatkan motivasinya dalam belajar IPA dengan cara meningkatkan dorongan siswa dalam belajar IPA, memperhatikan guru dan tertarik terhadap pelajaran IPA. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 08 Jan 2021 07:32
Last Modified: 08 Jan 2021 07:33
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2472

Actions (login required)

View Item View Item