PENERAPAN MODEL PEMBELAJAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN 34 AIR PACAH

Dian, Madareta and Erman, Har and Arlina, Yuza (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN 34 AIR PACAH. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
44 DIAN MASDARETA 1510013411150 Cover.pdf

Download (15kB)
[img] Text
44 DIAN MASDARETA 1510013411150 Abstrak.pdf

Download (8kB)
[img] Text
44 DIAN MASDARETA 1510013411150 BAB I.pdf

Download (30kB)
[img] Text
44 DIAN MASDARETA 1510013411150 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] Text
44 DIAN MASDARETA 1510013411150 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] Text
44 DIAN MASDARETA 1510013411150 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
44 DIAN MASDARETA 1510013411150 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
44 DIAN MASDARETA 1510013411150 Daftar Pustaka.pdf

Download (7kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA kelas V SDN34 Air Pacah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan model pembelajaran konvensional, sedangkan variable terikat adalah hasil belajar mata pelajaran IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelasV SD N 34 Air Pacah pada tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri atas 2 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelasVA sebanyak 24 orang siswa dan siswa kelas VB sebanyak 24 orang siswa. Teknik dalam pengambilan sampel yaitu dengan cara total sampling. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA siswa ranah kognitif yang diperoleh melalui tes akhir dalam bentuk objektif. Berdasarkan hasil penilaian pada mata pelajaran IPA terhadap hasil belajar dikelas V A yaitu kelas ekperimen didapatkan rata-rata nilaiskor 78,42. Sedangkan pada kelasV B yaitu kelas kontrol rata-rata nilai skor 57,78. Di lihat pada uji hipotesis dengan menggunakan uji-t menunjukan thitung>ttabel , dengan nilai thitung 8,42 dan nilai ttabel 1,70α 0,95, ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA siswa menggunakan model Contextual Teaching and Learning, dengan hasil belajar IPA siswa yang menggunkan metode pembelajaran konvesional dalam bentuk ceramah dan Tanya jawab. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara hasil belajarIPA siswa dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, dengan hasil belajar IPA siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional di kelas V SDN 34 Air Pacah. Kata Kunci : pengaruh, scontextual teaching and learning, hasil belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ahmad Elzuhri
Date Deposited: 07 Jul 2020 05:31
Last Modified: 07 Jul 2020 05:31
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/249

Actions (login required)

View Item View Item