PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS IV SDN 54 ANAK AIR

Sinta Ratu, Hanum and Romi, Isnanda (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS IV SDN 54 ANAK AIR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER,HALAMAN PENGESAHANPERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (987kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (444kB)
[img] Text
FULL TEXT SINTA RATU HANUM 21-075.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya kemapuan membaca pemahaman di kelas IV SDN 54 Anak Air Kota Padang pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa melalui model Think Pair Share (TPS) dan mendeskripsikan sejauh mana hasil belajar kemampuan membaca pemahaman melalui model Think Pair Share (TPS) bagi siswa kelas IV SDN 54 Anak Air Kota Padang. Teori yang digunakan dalam model Think Pair Share (TPS) dikemukakan oleh shoimin (2016). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah kelas IV SDN 54 Anak Air Kota Padang, yang berjumlah 26 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar kemampuan membaca pemahaman siswa. Persentase lembar aktivitas guru pada siklus I 68,5%, dan siklus II 83%. Jadi, persentase lembar observasi aktivitas guru mengalami kenaikan sebesar 14,5%. Persentase lembar observasi aktivitas siswa pada siklus I 71%, dan pada siklus II 84%. Jadi, persentase lembar observasi aktivitas siswa mengalami kenaikan sebesar 13%. Ketuntasan hasil belajar kemampuan membaca pemahaman siswa pada siklus I dan II, diperoleh persentase keterampilan membaca pemahaman siswa pada siklus I 50%, dengan rata-rata hasil belajar 65,3. Pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 77% dengan rata-rata hasil belajar 78,4. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia dalam kemampuan membaca pemahaman siswa dengan menggunakan model Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 54 Anak Air Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 24 Mar 2025 02:00
Last Modified: 24 Mar 2025 02:00
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25177

Actions (login required)

View Item View Item