PENGEMBANGAN MEDIA E-POSTER PADA PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SDN 28/1 MALAPARI PROVINSI JAMBI

Ulivia, Qotrinada and Hidayati, Azkiya (2025) PENGEMBANGAN MEDIA E-POSTER PADA PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SDN 28/1 MALAPARI PROVINSI JAMBI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN, PERNYATAAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN BAB PENDAHULUAN.docx

Download (486kB)
[img] Text
BAB SIMPULAN DAN DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (96kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi kurangnya penggunaan media pembelajaran dan keterbatasan media pada pembelajaran menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN 28/1 Malapari, Provinsi Jambi. Penelitian bertujuan mengembangkan media pembelajaran E-Poster untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis karangan narasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 28/1 Malapari Provinsi Jambi. Adapun teori yang digunakan pada penelitian ini teori menurut Hasan (2021) tentang media pembelajaran dan juga teori E-Poster yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori menurut Aspahani (2020). Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), namun penelitian hanya sampai tahap Develop karena keterbatasan waktu. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil 2024/2025. Instrumen penelitian meliputi lembar validitas, praktikalitas, dan efektivitas (pre-test dan post-test). Hasil validitas oleh ahli media, materi, dan bahasa menunjukkan rata-rata 92,46%. Uji coba praktikalitas pada guru memperoleh 95%, pada kelompok skala kecil memperoleh 95,125%, dan pada kelompok terbatas 94,4%. Dari hasil uji efektivitas pada kelompok kecil menunjukkan rata-rata nilai pre-test 58,98% dan postest 84,76%, sedangkan pada kelompok terbatas dengan nilai pretest 70% dan postest 86,25% dan memenuhi kriteria efektif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media pembelajaran E-Poster yang dikembangkan dari hasil uji terbukti memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran menulis karangan narasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 28/1 Malapari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 24 Mar 2025 04:07
Last Modified: 24 Mar 2025 04:07
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25444

Actions (login required)

View Item View Item