PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V-B SDN 04 KAMPUNG OLO PADANG

Shallu, Laila Isky and Hendrizal, Hendrizal (2025) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V-B SDN 04 KAMPUNG OLO PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (961kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN, SARAN, DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas V-B SDN 04 Kampung Olo Padang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V-B pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Audio Visual. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dilaksanakan dua siklus dengan tahapan PTK yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V-B SDN 04 Kampung Olo Padang, berjumlah 28 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar tes hasil belajar, dan lembar penilaian afektif siswa. Berdasarkan analisis lembar tes hasil belajar, rata-rata ketuntasan tes hasil belajar siswa pada siklus I ranah kognitif (C1) dari 69,28 dan meningkat pada siklus II menjadi 83,92 dan (C2) dari 56,42 meningkat menjadi 85. selain itu, darı ranah afektif merespons (A2) siswa pada siklus I pertemuan I memperoleh persentase 14,28%, selanjutnya pertemuan II 35,71%. Pada siklus II pertemuan I yaitu 71,42%, sedangkan pertemuan II sudah mencapai 89,28%. Hal ini menunjukkan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Pancasila menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Audio Visual telah terlaksana dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V-B SDN 04 Kampung Olo Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 24 Mar 2025 04:14
Last Modified: 24 Mar 2025 04:14
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25466

Actions (login required)

View Item View Item