PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA FASE C PADA PENDIDIKAN PANCASILA DI SDN 07 VII KOTO SUNGAI SARIK PADANG PARIAMAN

Fatimah, Roza and Hendrizal, Hendrizal (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA FASE C PADA PENDIDIKAN PANCASILA DI SDN 07 VII KOTO SUNGAI SARIK PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
FULLTEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (113kB)
[img] Text
COVER BAB I.pdf

Download (363kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Make A Match terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di SDN 07 VII Koto Sungai Sarik Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain yang digunakan yaitu True Eksperimental. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 07 VII Koto Sungai Sarik Padang Pariaman 2024/2025 dengan jumlah 52 siswa. Sampel diambil dengan cara random sampling, dimana kelas V-A sebagai kelas eksperimen dan kelas V-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata rata hasil belajar setelah diberikan perlakuan dikelas eksperimen didapat 85,12 dan rata rata siswa kelas kontrol 76,48. pengujian hipotesis menunjukkan thitung = 3,348 dan ttabel = 2,010. Karena thitung < ttabel yaitu 3,348 < 2,010, maka hipotesis Ho ditolak dan H₁ diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Make A Match berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas V SDN 07 VII Koto Sungai Sarik Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 24 Mar 2025 04:20
Last Modified: 24 Mar 2025 04:20
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25489

Actions (login required)

View Item View Item