PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 10 KINALI KABUPATEN PASAMAN BARAT

Rika, Afrianti and Risa, Yulisna and Yetty, Morelent (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 10 KINALI KABUPATEN PASAMAN BARAT. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. cover, halaman pengesahan, abstrak, daftar isi, BAB pendahuluan.pdf

Download (479kB)
[img] Text
ii. BAB Kesimpulan, Saran, dan Daftar Rujukan.pdf

Download (116kB)
[img] Text
iii. Skripsi fiks Rika Afrianti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran complete sentence terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 10 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini juga diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang pengaruh model pembelajaran complete sentence. Selain itu, hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai rujukan untuk mengembangkan model pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan fokus pada siswa kelas IV SDN 10 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Peneliti juga merumuskan masalah yang ingin dicapai, yaitu bagaimana pengaruh model pembelajaran complete sentence terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah peneliti laksanakan di kelas IV A dengan menggunakan model pembelajaran complete sentence berbantuan video interaktif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, maka diperoleh nilai rata-rata 73,68 (hasil belajar/tes akhir) dan di kelas IV B menggunakan model pembelajaran konvensional tanpa bantuan media pembelajaran, maka diperoleh nilai rata-rata 61,11(hasil belajar/ tes akhir). Hal ini dapat dilihat dari hasil uji-t yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel dengan nilai 5,102 > 1,687 dan sig. (2-tailed) 0,019 dengan taraf 0,005 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci:Pengaruh, Model, Complete Sentece, Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 24 Mar 2025 06:23
Last Modified: 24 Mar 2025 06:23
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25540

Actions (login required)

View Item View Item