PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIKELAS V DI SD NEGERI 47KORONG GADANG KECAMATANKURANJI PADANG

Nurati, Silvia and Yulfia, Nora and Ade, Sri Madona (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIKELAS V DI SD NEGERI 47KORONG GADANG KECAMATANKURANJI PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
17 NURATI SILVIA 1510013411027 Cover.pdf

Download (15kB)
[img] Text
17 NURATI SILVIA 1510013411027 Abstrak.pdf

Download (26kB)
[img] Text
17 NURATI SILVIA 1510013411027 BAB I.pdf

Download (88kB)
[img] Text
17 NURATI SILVIA 1510013411027 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text
17 NURATI SILVIA 1510013411027 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
17 NURATI SILVIA 1510013411027 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
17 NURATI SILVIA 1510013411027 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[img] Text
17 NURATI SILVIA 1510013411027 Daftar Pustaka.pdf

Download (90kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran IPS berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk siswa kelas V SDNegeri 47 Korong Gadang Kecamatan Kuranji Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan modivikasi model 3-D yaitu terdiri dari tahap define, tahap design, dan development. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Validator angket terdiri dari 2 orang dosen. Sedangkan uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 31 orangsiswa. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul yang dihasilkan dari aspek tampilan dan aspek materi memperoleh persentase 88,96% dikategorikan valid. Dari hasil uji praktikalitas oleh guru modul yang dihasilkan sangat praktis dengan persentase 95% dan dari hasil praktikalitas oleh siswa modul yang dihasilkan praktis dengan persentase 87,86 %. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul pembalajaran IPS berbasisProblem Based Learning (PBL) yang dihasilkan sangat valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran IPS.sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas V SD. Kata Kunci : Pengembangan Modul, PBL, IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 22 Jan 2021 06:37
Last Modified: 22 Jan 2021 06:37
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2555

Actions (login required)

View Item View Item