Anggi, Refiani and Ade, Sri Madona (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SDN 01 ULAK KARANG SELATAN PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![]() |
Text
FULLTEKS_SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER BAB I.pdf Download (389kB) |
![]() |
Text
BAB V KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning berbantuan media pop-up book terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas V di SD Negeri 01 Ulak Karang Selatan Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain yang digunakan yaitu True Eksperimental. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 01 Ulak Karang Selatan Padang tahun pelajaran 2024/2025 dengan jumlah 95 siswa. Sampel diambil dengan cara random sampling, dimana kelas V-B sebagai kelas eksperimen dan kelas V-A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata hasil belajar setelah diberikan perlakuan di kelas eksperimen didapat 84,17 dan rata siswa kelas kontrol 74,24. pengujian hipotesis menunjukkan Thitung = 2,27 dan Ttabel = 2,01. Karena Thitung < Ttabel yaitu 2,270 < 2,012, maka hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran project based learning berbantuan media pop-up book berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas V SDN 01 Ulak Karang Selatan Padang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 06:33 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 06:33 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25558 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |