PUTRI, SHOFIAH and Wirnita, Eska and Yetty, Morelent (2025) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 08 SASAK RANAH PASISIE KAB. PASAMAN BARAT. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![]() |
Text
i. Cover, Halaman Pengesahan, Halaman Pengesahan, Abstrak, Daftar Isi, Bab Pendahuluan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ii. Bab Kesimpulan, Saran, dan Daftar Pustaka.pdf Download (398kB) |
![]() |
Text
iii. FullTeks Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menyimak siswa dan guru masih sering tidak menggunakan model serta media pembelajaran dalam kegiatan mengajar di SD Negeri 08 sasak Ranah Pasisie Kab . Pasaman Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan peningkatan nilai hasil belajar keterampilan menyimak siswa pada pembelajaran bahasa indonesia menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual di SD Negeri 08 sasak Ranah Pasisie Kab . Pasaman Barat. Shoimin (2020) menyatakan model PBL adalah Model pembelajaran yang melatih dan mengembangkan kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang berorientasi pada masalah dari kehidupan siswa. Sumendap, L. S. S & Amin (2022) menyatakan Media Audio Visual merupakan media perantara atau penggunaan materi dan penerapan melalui pandangan dan pendengaran sehingga membangun kondisi yang dapat membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil dari penelitian aktivitas guru mengingatkan kembali untuk berperan aktif kepada siswa meningkat pada siklus II, selanjutnya aktivitas kegiatan siswa meminta bimbingan kepada guru selama proses pengerjaan kelompok pada siklus II meningkat. Begitu juga nilai rata-rata hasil belajar keterampilan menyimak siswa siklus I sebesar 66,75 pada siklus II meningkat menjadi 86,75. Dengan demikian dapat dikatakan dengan penerapan model problem based learning (PBL) berbantuan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas IV SD Negeri 08 Sasak Ranah Pasisie Kab. Pasaman Barat. Kata Kunci: Keterampilan menyimak, model Problem Based Learning, media Audio Visual, Bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 06:35 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 06:35 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25568 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |