PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPAS DIGITAL BERBASIS PjBL UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS V SD ISLAM KHAIRA UMMAH PADANG

Mila Sri, Widayanti and Siska, Angreni (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPAS DIGITAL BERBASIS PjBL UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS V SD ISLAM KHAIRA UMMAH PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER DLL.pdf

Download (646kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB PENUTUP.pdf

Download (53kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] Text
FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar IPAS digital berbasis PjBL untuk meningkatkan kreativitas peserta didik kelas V SD Islam Khaira Ummah Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4-D yaitu define, design, development, dan disseminate yang dibatasi pada 3-D yaitu define, design, dan develop. Instrument penelitian meliputi lembar validitas, lembar praktikalitas, dan lembar kreativitas. Validator terdiri dari 3 orang dosen ahli yaitu validator materi, bahasa dan desain. Skor aspek penilaian materi 0,89, skor aspek penilaian bahasa 0,95, skor aspek penilaian desain 0,80 dan mendapatkan rata-rata skor validasi adalah 0,88 dengan formula aiken’s V memenuhi kriteria sangat valid. Praktikalitas terdiri oleh guru dan peserta didik, praktikalitas oleh guru diperoleh jumlah persentase 92,5% dan praktikalitas oleh peserta didik diperoleh jumlah persentase 91,36% dan mendapatkan rata-rata persentase praktikalitas adalah 91,93% termasuk kriteria sangat praktis. Kreativitas dilakukan oleh guru terhadap 26 peserta didik, diperoleh jumlah persentase 90,62% termasuk kriteria sangat kreatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar IPAS digital berbasis PjBL memenuhi kriteria valid dan praktis serta dapat meningkatkan kreativitas peserta didik. Guru bisa memanfaatkan bahan ajar ini dengan baik sebagai bahan ajar yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran di SD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 25 Mar 2025 02:53
Last Modified: 25 Mar 2025 02:53
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25695

Actions (login required)

View Item View Item