HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN KONSENTRASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD NEGERI 15 LANSANO KABUPATEN PESISIR SELATAN

Syerli, Febriadina and Yulfia, Nora (2025) HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN KONSENTRASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD NEGERI 15 LANSANO KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Skripsi Syerli Febriadina 21094 1-19.pdf

Download (912kB)
[img] Text
Skripsi Syerli Febriadina 21094 74-78.pdf

Download (132kB)
[img] Text
SKRIPSI Syerli Febriadina 21094 Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat hubungan penggunaan gadget dengan konsentrasi belajar terhadap hasil belajar IPAS siswa SD Negeri 15 Lansano Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 15 Lansano Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 20 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh, sehingga diperoleh sampel sebanyak 20 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget peserta didik tergolong tinggi dengan nilai 95%, sedangkan konsentrasi belajar berada dalam kategori "tidak baik" dengan nilai 64%, yang berdampak pada hasil belajar yang tergolong "cukup" dengan nilai 76,75%. Uji hipotesis menghasilkan bahwa Fhitung > Ftabel dengan nilai Fhitung sebesar 39,370 dan nilai Ftabel sebesar 3,592, maka dapat dinyatakan H0 ditolak dan H1 diterima. Uji regresi linear sederhana menghasilkan nilai R² = 0,822, yang menunjukkan hubungan signifikan antara penggunaan gadget dengan konsentrasi dan hasil belajar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi penggunaan gadget, semakin rendah konsentrasi belajar, yang berdampak pada hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan penggunaan gadget dengan konsentrasi belajar terhadap hasil belajar IPAS siswa SD Negeri 15 Lansano Kabupaten Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 25 Mar 2025 03:22
Last Modified: 25 Mar 2025 03:22
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25719

Actions (login required)

View Item View Item