windi, Sefia Nuri and Darwianis, Darwianis (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SD N 04 KAMPUNG OLO PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![]() |
Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN, PERNYATAAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN BAB PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB SIMPULAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (609kB) |
![]() |
Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantu media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di SD N 04 Kampung Olo Padang. Jenis penelitian ini adalah penilitian eksperimen, dengan populasi seluruh siswa SD N 04 Kampung Olo Padang tahun pelajaran 2024/2025 dengan jumlah 321 siswa. Sampel diambil dengan cara random sampling, diperoleh siswa kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar setelah diberikan perlakuan dikelas eksperimen 81,24 dan rata-rata siswa kelas kontrol 70,9. Pengujian hipotesis menunjukkan thitung = 1.853 dan ttabel = 1,71387. Karena thitung > ttabel yaitu 1.853 > 1,71387, maka hipotesis Ho ditolak dan H1 diterima, Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning berbantu media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar Pendidikkan Pancasila siswa kelas IV SD Negeri 04 Kampung Olo Padang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 03:28 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 03:28 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25731 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |