PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE OUTDOOR LEARNING DI KELAS IV SDN 03 V KOTO TIMUR KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Rahmi, Malahayati and Hasnul, Fikri (2025) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE OUTDOOR LEARNING DI KELAS IV SDN 03 V KOTO TIMUR KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
KESIMPULAN, SARAN, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (552kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN 03 V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa dengan menggunakan metode Outdoor Learning kelas IV SDN 03 V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis yang dikemukakan oleh Dalman (2016), metode Outdoor Learning teori yang dikemukakan oleh Windayani (2012). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Prosedur dalam penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi tindakan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN 03 V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman dengan jumlah 17 orang siswa. Dari Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam observasi aktivitas guru pada siklus I dengan persentase 62,49% dan siklus II 82,03% meningkat dengan persentase 19,09%. Dari hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I dengan persentase 66,87% dan pada siklus II dengan persentase 82,28% meningkat 15,41%. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebanyak 69,70 dengan persentase 52,94% dan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II sebanyak 78,52 dengan persentase 82,35% meningkat 29,41%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode Outdoor Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 03 V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 26 Mar 2025 02:26
Last Modified: 26 Mar 2025 02:26
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25891

Actions (login required)

View Item View Item