PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING UNTUK SISWA KELAS III SDN 18 KINALI

Eppi, Wijayanti and Niniwati, Niniwati and Arlina, Yuza (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING UNTUK SISWA KELAS III SDN 18 KINALI. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
113 EPPI WIJAYANTI 1510013411147 Cover.pdf

Download (65kB)
[img] Text
113 EPPI WIJAYANTI 1510013411147 Abstrak.pdf

Download (96kB)
[img] Text
113 EPPI WIJAYANTI 1510013411147 BAB I.pdf

Download (223kB)
[img] Text
113 EPPI WIJAYANTI 1510013411147 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
113 EPPI WIJAYANTI 1510013411147 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
113 EPPI WIJAYANTI 1510013411147 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
113 EPPI WIJAYANTI 1510013411147 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text
113 EPPI WIJAYANTI 1510013411147 Daftar Pustaka.pdf

Download (179kB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh minimnya buku yang ada di perpustakaan sehingga membuat siswa kesulitan untuk mendapatkan sumber belajar. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran matematika berbasis penemuan terbimbing untuk siswa kelas III SDN 18 Kinali yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) berdasarkan model penelitian dan pengembangan 3D yaitu define, design dan developt. Tahap yang dilakukan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), dan tahap pengembangan (development). Pada tahap define dilakukan analisis kurikulum, analisis kebutuhan, analisis siswa, analisis konsep, pada tahap design dilakukan merancang modul pembelajaran matematika berbasis penemuan terbimbing, sedangkan pada tahap development dilakukan uji validitas, uji praktikalitas dan uji efektivitas. Uji validasi produk modul pembelajaran matematika berbasis penemuan terbimbing ini didasarkan pada hasil penilaian ahli media dan ahli materi. Uji pratikalitas modul pembelajaran matematika berbasis penemuan terbimbing didasarkan pada hasil penilaian guru dan siswa kelas III SDN 18 Kinali. Uji efektivitas modul pembelajaran matematika berbasis penemuan terbimbing diperoleh dari tes hasil belajar. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dan tes. Hasil penelitian dari pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis penemuan terbimbing dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) hasil uji validitas mendapatkan persentase 87% dengan kriteria modul yang dihasilkan dikategorikan “valid”, 2) hasil uji pratikalitas mendapatkan persentase 92% dengan kriteria modul yang dihasilkan dikategorikan “sangat praktis”, 3) uji efektivitas mendapatkan persentase 81% dengan kriteria “sangat baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran matematika berbasis penemuan terbimbing untuk siswa kelas III SDN 18 Kinali yang dihasilkan adalah valid, praktis dan efektif. Kata Kunci: modul pembelajaran, matematika, penemuan terbimbing

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 28 Jan 2021 03:08
Last Modified: 28 Jan 2021 03:08
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2607

Actions (login required)

View Item View Item