PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS INKUIRI SISWA KELAS IV SDN 34 AIR PACAH PADANG

Rike, Anggreni Ade and Marsis, Marsis and Hidayati, Azkiya (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS INKUIRI SISWA KELAS IV SDN 34 AIR PACAH PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
109 RIKE ANGGRENI ADE 1510013411138 Cover.pdf

Download (77kB)
[img] Text
109 RIKE ANGGRENI ADE 1510013411138 Abstrak.pdf

Download (107kB)
[img] Text
109 RIKE ANGGRENI ADE 1510013411138 BAB I.pdf

Download (138kB)
[img] Text
109 RIKE ANGGRENI ADE 1510013411138 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
109 RIKE ANGGRENI ADE 1510013411138 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
109 RIKE ANGGRENI ADE 1510013411138 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
109 RIKE ANGGRENI ADE 1510013411138 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text
109 RIKE ANGGRENI ADE 1510013411138 Daftar Pustaka.pdf

Download (111kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis inkuiri yang valid dan praktis pada materi wawancara untuk siswa kelas IV SD. Penelitian pengembangan adalah suatu proses untuk mengembangkan suatu produk baru dan dapat dipertanggungjawabkan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (penelitian pengembangan). Modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis inkuiri ini dikembangkan dengan menggunakan three-D models. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan ujicoba modul yang dikembangkan. Rancangan modul yang telah didesain divalidasi oleh tiga orang pakar, kemudian diuji coba secara terbatas di kelas IV-B SDN 34 Air Pacah untuk mengetahui validitas dan praktikalitas modul yang dikembangkan. Dari hasil penelitian yang dilakukan, disimpulkan bahwa modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis inkuiri pada tema 9 tentang wawancara untuk siswa kelas IV SD ini berada pada kategori valid dengan rata-rata persentase kevalidan 95,90%. Modul yang telah dikembangkan dikategorikan praktis oleh guru dengan rata-rata persentase kepraktisan 89,16%, juga dikategorikan praktis menurut siswa dengan rata-rata persentase kepraktisan 88,71%. Dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis inkuiri ini sudah dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh guru di sekolah dasar. Kata kunci : Modul pembelajaran bahasa indonesia berbasis inkuiri, valid, dan praktis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 28 Jan 2021 07:46
Last Modified: 28 Jan 2021 07:46
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2615

Actions (login required)

View Item View Item