PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS BUDAYA MINANGKABAU PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR KELAS IV SEKOLAH DASAR 27 OLO PADANG

Rilo, Pambudi and Zulfa, Amrina and Rieke, Alyusfitri (2021) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS BUDAYA MINANGKABAU PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR KELAS IV SEKOLAH DASAR 27 OLO PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
105 RILO PAMBUDI 1510013411129 Cover.pdf

Download (67kB)
[img] Text
105 RILO PAMBUDI 1510013411129 Abstrak.pdf

Download (82kB)
[img] Text
105 RILO PAMBUDI 1510013411129 BAB I.pdf

Download (194kB)
[img] Text
105 RILO PAMBUDI 1510013411129 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text
105 RILO PAMBUDI 1510013411129 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
105 RILO PAMBUDI 1510013411129 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (986kB)
[img] Text
105 RILO PAMBUDI 1510013411129 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
105 RILO PAMBUDI 1510013411129 Daftar Pustaka.pdf

Download (98kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Modul berbasis budaya Minangkabau yang valid, praktis dan efektif pada materi keliling dan luas bangun datar untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang dibatasi menjadi 3-D. Penelitian ini dilakukan pada awal semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Data dikumpulkan melalui angket dan tes hasil belajar. Rancangan Modul yang telah dirancang divalidasi oleh satu dosen dan satu guru kelas IV. Analisis data validalitas menunjukan bahwa Modul yang dihasilkan dalam kategori sangat valid dengan persentase kevalidan 96%. Pada analisis data praktikalitas, diperoleh bahwa Modul yang dihasilkan dalam kategori praktis dengan persentase kepraktisan 87,5% oleh guru dan 91,6% oleh siswa dengan kategori sangat praktis. Pembelajaran menggunakan Modul yang telah dikembangkan dinyatakan sudah efektif hal ini dilihat pada hasil belajar siswa, dimana ketuntasan klasikalnya adalah 89,47%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Modul berbasis budaya Minangkabau yang dikembangkan telah valid, praktis dan efektif. Sehingga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar untuk mengajarkan materi keliling dan luas bangun datar. Kata Kunci : Modul, Budaya Minangkabau, Keliling dan Luas Bangun Datar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 29 Jan 2021 03:08
Last Modified: 29 Jan 2021 03:08
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2620

Actions (login required)

View Item View Item