PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 28 KARANG PAUH

Syarifah, Annisa and Susi, Herawati and Hendra, Hidayat (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 28 KARANG PAUH. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
99 Syarifah Annisa 1510013411115 Cover.pdf

Download (160kB)
[img] Text
99 Syarifah Annisa 1510013411115 Abstrak.pdf

Download (107kB)
[img] Text
99 Syarifah Annisa 1510013411115 BAB I.pdf

Download (162kB)
[img] Text
99 Syarifah Annisa 1510013411115 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
99 Syarifah Annisa 1510013411115 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
99 Syarifah Annisa 1510013411115 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB)
[img] Text
99 Syarifah Annisa 1510013411115 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text
99 Syarifah Annisa 1510013411115 Daftar Pustaka.pdf

Download (98kB)

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) terhadap materi pecahan untuk siswa kelas IV SDN 28 Karang Pauh. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model 3-D, yang terdiri dari tahap define (pendefenisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Validasi angket terdiri dari dua orang dosen. Sedangkan untuk ujipraktikalitas terdiri dari satu orang guru dan 24 orang siswa kelas IV SDN 28 Karang Pauh. Data penelitian dihasilkan produk berupa modul berbasis Realistic Mathematic Education (RME) pada mata pelajaran Matematika untuk siswa kelas IV SD. Modul yang dihasilkan dikategorikan valid oleh dua validator dengan rata-rata 3,43 dan 3,4. Dan criteria praktikalitas oleh guru yaitu 95 % sangat praktis, kriteria praktikalitas siswa praktikalitas 86,4% sangat praktis. Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) memenuhi kriteria valid dan praktis digunakan sebagai salah satu modul pembelajaran dikelas IV sekolah dasar. Kata kunci : Modul Pembelajaran Matematika, Realistic Mathematic Education (RME) Validitas, Praktikalitas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 03 Feb 2021 03:52
Last Modified: 03 Feb 2021 03:52
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2700

Actions (login required)

View Item View Item