PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PICTURE AND PICTURE UNTUK KELAS IV DI SDN 28 KARANG PAUH PASAR BARU

Saniyah, Oktarisma and Hendra, Hidayat and Siska, Angreni (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PICTURE AND PICTURE UNTUK KELAS IV DI SDN 28 KARANG PAUH PASAR BARU. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
98 SANIYAH OKTARISMA 1510013411113 Cover.pdf

Download (62kB)
[img] Text
98 SANIYAH OKTARISMA 1510013411113 Abstrak.pdf

Download (109kB)
[img] Text
98 SANIYAH OKTARISMA 1510013411113 BAB I.pdf

Download (145kB)
[img] Text
98 SANIYAH OKTARISMA 1510013411113 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
98 SANIYAH OKTARISMA 1510013411113 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[img] Text
98 SANIYAH OKTARISMA 1510013411113 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB)
[img] Text
98 SANIYAH OKTARISMA 1510013411113 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text
98 SANIYAH OKTARISMA 1510013411113 Daftar Pustaka.pdf

Download (114kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis picture and picture untuk kelas IV di SDN 28 Karang Pauh Pasar Baru. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan modivikasi model 3-D yaitu terdiri dari tahap define, tahap design, dan development. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Validator angket terdiri dari 1 orang dosen validator design dan 1 orang dosen sebagai validator materi. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul yang dihasilkan dari aspek tampilan modul IPA berbasis picture and picture memperoleh nilai 3,41 dan dari aspek materi memperoleh penilaian 3,76, dan dilihat rata-rata skor penilaian modul pembelajaran IPA berbasis picture and picture yang diperoleh secara keseluruhan yaitu 3,58 dengan kategori sangat valid. Sedangkan uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 17 orang siswa. Dari hasil praktikalitas oleh guru dengan persentase hasil 93% dan dari hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh persentase hasil 90%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis picture and picture yang dihasilkan sangat valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran IPA. Sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD. Kata kunci : Pengembangan Modul, Picture and picture, IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 03 Feb 2021 03:57
Last Modified: 03 Feb 2021 03:57
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2701

Actions (login required)

View Item View Item