PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS TEKA-TEKI SILANG MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN IPA TEMA 9 KAYANYA NEGERIKU UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 16 SURAU GADANG PADANG

Annisa, Selda Aulia and Wince, Hendri and Syafni, Gustina Sari (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS TEKA-TEKI SILANG MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN IPA TEMA 9 KAYANYA NEGERIKU UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 16 SURAU GADANG PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
121. ANNISA 1610013411143 COVER.pdf

Download (24kB)
[img] Text
121. ANNISA 1610013411143 ABSTRAK.pdf

Download (62kB)
[img] Text
121. ANNISA 1610013411143 BAB I.pdf

Download (919kB)
[img] Text
121. ANNISA 1610013411143 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text
121. ANNISA 1610013411143 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text
121. ANNISA 1610013411143 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text
121. ANNISA 1610013411143 BAB V.pdf

Download (108kB)
[img] Text
121. ANNISA 1610013411143 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pembelajaran IPA berbasis teka-teki silang pada kelas IV SD yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop dan disseminate. Penelitian ini dibatasi menjadi model 3-D yaitu define, design, dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 dengan Tema 9 Kayanya Negeriku. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas (angket respon guru). Pada proses validasi, LKPD divalidasi oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli desain dan 1 orang ahli bahasa. Pada proses praktikalitas, LKPD diujicobakan oleh 1 orang guru. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan LKPD pembelajaran IPA berbasis tekateki silang pada kelas IV SD dihasilkan LKPD yang memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase penilaian sebesar 91,3% dan memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase 97,1%. Dengan aspek validasi materi yang valid (86,7%), desain sangat valid (97,1%), dan aspek bahasa sangat valid (90%). Sedangkan aspek praktikalitas isi materi sangat praktis (100%), desain teknis sangat praktis (100%), penggunaan media sangat praktis (100%), komunikasi cukup praktis (100%), dan format kemasan sangat praktis (100%). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD pembelajaran IPA berbasis teka-teki silang pada kelas IV SD sudah valid dan praktis digunakan sebagai salah satu sumber dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD (Sekolah Dasar). Kata kunci: LKPD, Teka-teki Silang, Pembelajaran IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 15 Feb 2021 07:25
Last Modified: 15 Feb 2021 07:25
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2835

Actions (login required)

View Item View Item