Annisa, Selda Aulia and Wince, Hendri and Syafni, Gustina Sari (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS TEKA-TEKI SILANG MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN IPA TEMA 9 KAYANYA NEGERIKU UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 16 SURAU GADANG PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
|
Text
121. ANNISA 1610013411143 COVER.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
121. ANNISA 1610013411143 ABSTRAK.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
121. ANNISA 1610013411143 BAB I.pdf Download (919kB) | Preview |
|
Text
121. ANNISA 1610013411143 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
||
Text
121. ANNISA 1610013411143 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
||
Text
121. ANNISA 1610013411143 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (511kB) |
||
|
Text
121. ANNISA 1610013411143 BAB V.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
121. ANNISA 1610013411143 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (154kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pembelajaran IPA berbasis teka-teki silang pada kelas IV SD yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop dan disseminate. Penelitian ini dibatasi menjadi model 3-D yaitu define, design, dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 dengan Tema 9 Kayanya Negeriku. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas (angket respon guru). Pada proses validasi, LKPD divalidasi oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli desain dan 1 orang ahli bahasa. Pada proses praktikalitas, LKPD diujicobakan oleh 1 orang guru. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan LKPD pembelajaran IPA berbasis tekateki silang pada kelas IV SD dihasilkan LKPD yang memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase penilaian sebesar 91,3% dan memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase 97,1%. Dengan aspek validasi materi yang valid (86,7%), desain sangat valid (97,1%), dan aspek bahasa sangat valid (90%). Sedangkan aspek praktikalitas isi materi sangat praktis (100%), desain teknis sangat praktis (100%), penggunaan media sangat praktis (100%), komunikasi cukup praktis (100%), dan format kemasan sangat praktis (100%). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD pembelajaran IPA berbasis teka-teki silang pada kelas IV SD sudah valid dan praktis digunakan sebagai salah satu sumber dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD (Sekolah Dasar). Kata kunci: LKPD, Teka-teki Silang, Pembelajaran IPA
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 15 Feb 2021 07:25 |
Last Modified: | 15 Feb 2021 07:25 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2835 |
Actions (login required)
View Item |