Friska, Tri Octafilian and Rona, Taula Sari and Siska, Angreni (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SCRAMBLE PADA MATERI CIRI-CIRI DAN KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP UNTUK KELAS III SD NEGERI 20 KALUMBUK PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
|
Text
79 FRISKA TRI OCTAFILIANI 1510013411075 Cover.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
79 FRISKA TRI OCTAFILIANI 1510013411075 Abstrak.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
79 FRISKA TRI OCTAFILIANI 1510013411075 BAB I.pdf Download (154kB) | Preview |
|
Text
79 FRISKA TRI OCTAFILIANI 1510013411075 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
||
Text
79 FRISKA TRI OCTAFILIANI 1510013411075 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
||
Text
79 FRISKA TRI OCTAFILIANI 1510013411075 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
||
Text
79 FRISKA TRI OCTAFILIANI 1510013411075 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
||
|
Text
79 FRISKA TRI OCTAFILIANI 1510013411075 Daftar Pustaka.pdf Download (107kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan praktikalitas modul pembelajaran IPA berbasis scramble pada materi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup untuk peserta didik kelas III SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Modul pembelajaran IPA berbasis scramble ini dikembangkan menggunakan 3-D modelsyaitu define, design, dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba modul yang dikembangkan. Rancangan modul yang telah didesain, divalidasi oleh dua dosen ahli yaitu ahli materi dan ahli desain, kemudian diuji cobakan di kelas III SD Negeri 20 Kalumbuk Padang untuk mengetahui praktikalitas dan validitas modul yang dikembangkan. Hasil penelitian mengetahui bahwa modul pembelajaran IPA berbasis scramble pada materi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup untuk peserta didik kelas III SD Negeri 20 Kalumbuk Padang berada pada kategori sangat valid dengan rata-rata kevalidan 3,64. Modul yang telah dikembangkan dikategorikan sangat praktis oleh pendidik dengan rata-rata persentase kepraktisan 96%, juga dikategorikan sangat praktis oleh peserta didik dengan rata-rata persentase kepraktisan 89%. Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis scramble pada materi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup yang dihasilkan sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran IPA di kelas III SD. Kata Kunci : Modul IPA,Berbasis Scramble, Valid, Praktis
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 08 Mar 2021 07:54 |
Last Modified: | 08 Mar 2021 07:54 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3064 |
Actions (login required)
View Item |