PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA MATERI STRUKTUR BUMI UNTUK KELAS V SDN 34 AIR PACAH

Maya, Indriani and Rona, Taula Sari and Siska, Angreni (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA MATERI STRUKTUR BUMI UNTUK KELAS V SDN 34 AIR PACAH. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
77 MAYA INDRIANI 1510013411072 Cover.pdf

Download (261kB)
[img] Text
77 MAYA INDRIANI 1510013411072 Abstrak.pdf

Download (128kB)
[img] Text
77 MAYA INDRIANI 1510013411072 BAB I.pdf

Download (159kB)
[img] Text
77 MAYA INDRIANI 1510013411072 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
77 MAYA INDRIANI 1510013411072 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
77 MAYA INDRIANI 1510013411072 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
77 MAYA INDRIANI 1510013411072 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] Text
77 MAYA INDRIANI 1510013411072 Daftar Pustaka.pdf

Download (135kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan praktikalitas dari modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan konstruktivisme pada materi struktur bumi kelas V SDN 34 Air Pacah. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 3-D (Three D), yang terdiri dari tahap Define (pendefenisian), Design (perancangan) dan Develop (pengembangan). Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Validator angket terdiri dari 2 orang dosen yaitu dosen ahli materi dan dosen ahli desain. Sedangkan untuk uji coba praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 25 orang siswa kelas V SDN 34 Air Pacah. Data penelitian dihasilkan produk berupa modul berbasis pendekatan konstruktivisme pada materi struktur bumi untuk siswa kelas V SDN 34 Air Pacah. Modul yang dihasilkan dikategorikan sangat valid dari dosen ahli materi dengan rata-rata 3,50 dari segi didaktik, konstruksi dan teknik. Sedangkan dari dosen ahli desain dikategorikan sangat valid dengan rata-rata 3,53 dari segi tampilan dan komponen modul. Modul yang dihasilkan juga dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan nilai rata-rata 91% dan dikategorikan sangat praktis oleh siswa dengan rata-rata 92%. Hal ini menunjukkan bahwa modul berbasis konstruktivisme pada materi struktur bumi yang dihasilkan sudah sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas V SD. Kata Kunci: Modul, Konstruktivisme, Validitas, Praktikalita

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 09 Mar 2021 02:18
Last Modified: 09 Mar 2021 02:18
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3067

Actions (login required)

View Item View Item