Maya, Indriani and Rona, Taula Sari and Siska, Angreni (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA MATERI STRUKTUR BUMI UNTUK KELAS V SDN 34 AIR PACAH. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
|
Text
77 MAYA INDRIANI 1510013411072 Cover.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
77 MAYA INDRIANI 1510013411072 Abstrak.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
77 MAYA INDRIANI 1510013411072 BAB I.pdf Download (159kB) | Preview |
|
Text
77 MAYA INDRIANI 1510013411072 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
||
Text
77 MAYA INDRIANI 1510013411072 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
||
Text
77 MAYA INDRIANI 1510013411072 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
77 MAYA INDRIANI 1510013411072 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
||
|
Text
77 MAYA INDRIANI 1510013411072 Daftar Pustaka.pdf Download (135kB) | Preview |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan praktikalitas dari modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan konstruktivisme pada materi struktur bumi kelas V SDN 34 Air Pacah. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 3-D (Three D), yang terdiri dari tahap Define (pendefenisian), Design (perancangan) dan Develop (pengembangan). Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Validator angket terdiri dari 2 orang dosen yaitu dosen ahli materi dan dosen ahli desain. Sedangkan untuk uji coba praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 25 orang siswa kelas V SDN 34 Air Pacah. Data penelitian dihasilkan produk berupa modul berbasis pendekatan konstruktivisme pada materi struktur bumi untuk siswa kelas V SDN 34 Air Pacah. Modul yang dihasilkan dikategorikan sangat valid dari dosen ahli materi dengan rata-rata 3,50 dari segi didaktik, konstruksi dan teknik. Sedangkan dari dosen ahli desain dikategorikan sangat valid dengan rata-rata 3,53 dari segi tampilan dan komponen modul. Modul yang dihasilkan juga dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan nilai rata-rata 91% dan dikategorikan sangat praktis oleh siswa dengan rata-rata 92%. Hal ini menunjukkan bahwa modul berbasis konstruktivisme pada materi struktur bumi yang dihasilkan sudah sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas V SD. Kata Kunci: Modul, Konstruktivisme, Validitas, Praktikalita
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 09 Mar 2021 02:18 |
Last Modified: | 09 Mar 2021 02:18 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3067 |
Actions (login required)
View Item |