PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PKn BERBASIS SAINTIFIK PADA MATERI ORGANISASI DI LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MASYARAKAT KELAS V SDN 51 KURANJI PADANG

Rizka, Yanuariza and Yusrizal, Yusrizal and Syafni, Gustina Sari (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PKn BERBASIS SAINTIFIK PADA MATERI ORGANISASI DI LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MASYARAKAT KELAS V SDN 51 KURANJI PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
71 RIZKA YANUARIZA 1510013411061 Cover.pdf

Download (69kB)
[img] Text
71 RIZKA YANUARIZA 1510013411061 Abstrak.pdf

Download (107kB)
[img] Text
71 RIZKA YANUARIZA 1510013411061 BAB I.pdf

Download (173kB)
[img] Text
71 RIZKA YANUARIZA 1510013411061 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
71 RIZKA YANUARIZA 1510013411061 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text
71 RIZKA YANUARIZA 1510013411061 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
71 RIZKA YANUARIZA 1510013411061 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
71 RIZKA YANUARIZA 1510013411061 Daftar Pustaka.pdf

Download (105kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran PKn berbasis saintifik pada materi “Organisasi di Lingkungan Sekolah dan Masyarakat” kelas V SD yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 3-D yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 2 orang dosen. Pada proses praktikalitas, modul diujicobakan oleh 1 orang guru dan 26 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan modul pembelajaran PKn berbasis saintifik pada materi “Organisasi di Lingkungan Sekolah dan Masyarakat” kelas V SD dihasilkan modul memenuhi kriteria sangat valid oleh validator dengan nilai rata-rata 3,72 dari segi didaktik, konstruksi, teknis, tampilan, serta komponen. Modul yang dihasilkan juga memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase 91,36%. Jadi, dapat disimpulkan modul pembelajaran PKn berbasis saintifik pada materi “Organisasi di Lingkungan Sekolah dan Masyarakat” kelas V SD sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas V SD. Kata Kunci : pengembangan modul, pembelajaran PKn, saintifik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 09 Mar 2021 03:57
Last Modified: 09 Mar 2021 03:57
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3072

Actions (login required)

View Item View Item