BERBASIS INDUKTIF UNTUK KELAS V SD NEGERI 07 LUBUK JANTAN

Devi, Mahyuni Chaniago and Muhammad, Sahnan and Ira, Rahmayuni Jusar (2021) BERBASIS INDUKTIF UNTUK KELAS V SD NEGERI 07 LUBUK JANTAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
66 DEVI MAHYUNI CHANIAGO 1510013411052 Cover.pdf

Download (123kB)
[img] Text
66 DEVI MAHYUNI CHANIAGO 1510013411052 Abstrak.pdf

Download (130kB)
[img] Text
66 DEVI MAHYUNI CHANIAGO 1510013411052 BAB I.pdf

Download (172kB)
[img] Text
66 DEVI MAHYUNI CHANIAGO 1510013411052 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text
66 DEVI MAHYUNI CHANIAGO 1510013411052 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
66 DEVI MAHYUNI CHANIAGO 1510013411052 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB)
[img] Text
66 DEVI MAHYUNI CHANIAGO 1510013411052 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text
66 DEVI MAHYUNI CHANIAGO 1510013411052 Daftar Pustaka.pdf

Download (137kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPS berbasis induktif pada kelas V SD Negeri 07 Lubuk Jantan yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian adalah pengembangan (Research and Development) dengan tahap pendefinisian (define), perancangan (design) dan pengembangan (develop). Pada penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 dengan materi jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan. Validator angket terdiri 2 orang dosen. Sedangkan unuk uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 16 orang siswa kelas V SD Negeri 07 Lubuk Jantan. Data penelitian yang dihasilkan dari produk modul pembelajaran IPS berbasis induktif di kelas V SD Negeri 07 Lubuk Jantan. Modul yang dihasilkan dikategorikan sangat valid oleh validator dengan rata-rata 3,9, baik dari dari syarat kategori didaktik dengan skor 3,9, syarat kategori konstruksi dengan skor 4,0 dan syarat kategori teknis dengan skor 3,9. Modul yang dihasilkan juga dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan nilai rata-rata 93% dan dikategorikan sangat praktis oleh siswa dengan rata-rata 91%. Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran IPS berbasis induktif pada materi jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan yang dihasilkan sudah sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas V sekolah dasar. Kata Kunci : modul IPS, induktif, valid, praktis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 10 Mar 2021 02:27
Last Modified: 10 Mar 2021 02:27
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3077

Actions (login required)

View Item View Item